Rabu, 25 April 2012

kuliah (lagi)

Hmmm... 2 atau 3 tahun mendatang... pengen berstatus jadi mahasiswa lagi...postgrade yeay! Bismillah...

Saya nggak pengen kuliah di Indonesia, bener ini bukan soal gengsi, insya Allah nggak gitu.

Saya pikir, kalau di luar negeri beasiswa lebih gampang (dan besar hehe...), birokrasinya nggak susah selama bisa mempertahankan status akademik, dan yang pasti... lolos kualifikasi awal. Kalo di dalam negeri, harus diakui beasiswa ada juga tapi lebih rumit untuk jumlah segitu...

Menurut saya pribadi, sama2 belajar, sama2 makan waktu, sama2 'makan pikiran', jadi kalo bisa elajar lebih banyak dari luar sana, kenapa harus di sini aja? Lebih banyak, maksud saya bukan substansi materi kuliahnya, atau praktikumnya, atau fasilitasnya. Hmm...gak sekecil itu. Bumi ini tempat belajar, sobat! Kalo cuma di sini sayang kesempatan belajarmu! Kalau di luar negeri, kamu akan belajar jauh lebih banyak, garis besarnya akan belajar 2 hal besar yg mungkin perlu bertahun2 kuliah kalo nggak diicipi langsung: geografi dan demografi (plus turunan2nya...demografi ini jauh lebih banyak turunannya, bukan cuma culture, bahkan sampai psikologi juga).

Buat saya, alasan "Kalo di dalam negeri kan bisa ngerjain lebih banyak amal..." itu bukan excuse buat saya. Sama aja kok, soalnya beban pendidikan master di Indonesia berat. Butuh banyak waktu buat kuliah, praktikum, ngerjain tugas, berkolaborasi dengan network2 akademik. Sama aja mau di sini atau di luar ya sama aja kalo gitu sih, selama jadi mahasiswa, amal khidami belum akan jadi prioritas. Iya, mungkin sebagian orang bisa seimbang, tapi 2,5 tahun belakangan saya amati, jauuuuhhh....lebih banyak yang nggak. Jadi selama ada izin dan kesempatan kuliah di luar negeri, akan saya perjuangkan insya Allah.

Sampai waktu itu, saya ingin mengabdi, beramal dulu di masyarakat. Please, jangan bilang saya kerja. saya gak suka istilah kerja, lebih baik berkontribusi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar