Sabtu, 18 Desember 2010

Manajemen Ketidakcocokan

Atau entah apa itu namanya! Karena menurutku, ketidakcocokan berpotensi menimbulkan konflik. Kalau sekadar perbedaan pendapat sih tidak apa-apa, justru itu akan menjadi warna. Tapi kalau sampai muncul konflik, apalagi untuk sesuatu yang melibatkan banyak orang... Hff... Na'udzubillah. Okelah kita mengenal istilah manajemen konflik, namun insya Allah, manajemen konflik tak akan terlalu perlu jika sudah bisa memanajemen ketidakcocokan.

Hmm... Sering kita tidak dapat memilih akan berdiri di mana, atau berjalan bersama siapa.Dan sering pula, hal ini meimbulkan banyak ketidakcocokan, di samping harusnya bisa menjadi sarana belajar,saling mengenal dan saling memahami.

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu bersuku-suku dan berbangsa-bangsa supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."
(QS. Al_Hujurat: 13) 

Ya, maka kunci dari manajemen ketidakcocokan ini sendiri adalah taqwa.

"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu."
(QS. Al-Baqarah: 208)
-ditulis di tengah perenungan dengan diri sendiri. Ya Allah... Mampukanlah-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar