Sabtu, 02 April 2011

Tentang Prestasi

Bagi saya, prestasi harus berdampak pada lahirnya kontribusi yang baik. Soal bisa menang ini dan itu atau bahkan bisa jalan-jalan ke luar negeri, semuanya adalah bonus. Bahkan, sebenarnya hal itu adalah bagian dari CARA untuk bisa berkontribusi itu sendiri. Jadi pada dasarnya menjadi seorang yang prestatif bagi saya berarti harus bisa menjadi seorang yang BERMANFAAT, karena jika prestasi yang diperoleh itu hanya melahirkan kebanggaan dan minim manfaat, maka sepatutnya dipertanyakan kembali apakah seseorang sudah benar-benar berprestasi.

Makna bermanfaat itu bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain, minimal orang-orang terdekat kita. Dan lebih baik jika bisa meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Tingkatan terendah berprestasi (menurut saya) adalah bisa menginspirasi orang-orang di sekitarnya untuk menjadi lebih baik, lebih pandai mengatur diri, mengatur waktu, dan mau berbagi manfaat untuk orang lain juga.

Jadi ketika anda memiliki sebuah ide inovatif yang bermanfaat, anda juga harus mulai memikirkan bagaimana ide itu nantinya akan diwujudkan secara nyata. Minimal, jika ide itu baru berbentuk tulisan di atas kertas ataupun di lembar MS Word, anda harus bisa membuat tulisan anda dibaca oleh orang lain yang (kira-kira) bisa merealisasikan ide anda itu.

"Pergilah sejauh kakimu bisa melangkah. Jelajahilah bumi beserta isinya. Carilah inspirasi di negeri orang dan tebarlah manfaat sebesar-besarnya. Kembalilah ke negerimu untuk membangunnya hingga bisa menjadi lebih baik."

Jadi jika suatu saat anda berkesempatan menginjakkan kaki di negeri orang, entah untuk yang pertama kali ataupun kesekian kali, belajarlah dari mereka apapun yang bisa membantu kalian untuk ikut membangun dan memperbaiki negeri ini. Jadilah bermanfaat sebab "khoirunnas anfa'uhum linnas" (sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain).

Banyak orang merantau tapi sedikit yang benar-benar belajar di perantauan. Banyak orang belajar tetapi hanya sedikit yang melakukan. Banyak yang melakukan tetapi hanya sedikit yang mengajarkan. Lakukanlah dan ajarkanlah hal-hal terbaik yang kau pelajari, dan kau akan jadi bermanfaat.

SELAMAT BELAJAR! SELAMAT BERMANFAAT ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar