Kamis, 30 September 2010

The Adagium of Yolanda Sylvia

Ide judul ini muncul setelah saya benar2 jatuh cinta pada sebuah hobi: ngeblog!

Suatu ketika, saya mendapat link blog seorang rekan berinisial XxYy (gen karangan saya nih!) yang nama blognya itu kurang lebih berarti 'a science discovery center' dalam bahasa latin...

Hmm... Keren juga istilahnya, pikir saya.



Trus setelah melihat2 (kilas balik) blog saya sendiri, rasanya semakin menyadari kalau blog saya itu kebanyakan kata2... linguis abissss!!!

Yah, pokoknya tuh blog Cipi banget dah: simpel, jayus, banyak kata2 aneh, nyastra, filosofis, dll... Tapi sebenarnya, kalo boleh memuji tulisan sendiri, blog saya lumayan keren lho ^^v

Cuma emang layoutnya perlu dibenerin, tapi masih males banget nih...gimana dong???



Anyway, intinya blog saya yang rada2 egosentris (boong sih...) itu udah kayak antologi blablabla versi Cipi (puisi ada, cerita pendek ada, pemikiran ada...pokoknya gue banget gitu loh!), tapi memang tuh blog penuh permainan diksi dan sastra....

Sampe saya mikir, seru nih kalo punya sesuatu yang berisi kumpulan kata-kata, kumpulan pemikiran, kalo perlu bahkan kumpulan postulat pribadi! Eits... Ini bukan ego lho... cuma seru aja bayanginnya...



Trus kepikir tentang sebuah nama untuk kumpulan itu. Mm... apa ya?

Memoar? Kesannya gimanaaa gitu!

Antologi? Lebay...

The Word of Mine? Hm...



Hingga terlintas sebuah kata dalam benak saya: adagium

Yup! The Adagium of Yolanda Sylvia sounds interesting, hahahaha...

Well, what's adagium?



"Adagium", or "adage", is a short but memorable saying that holds some important fact of experience that is considered true by many people, or it has gained some credibility through its long use. Adages may be interesting observations, practical or ethical guidelines, or pessimistic comments on life. Some adages are products of folk wisdom which attempt to summarize some basic truth; these are generally known as "proverbs". An adage which describes a general rule of conduct may be known as a "maxim". A pithy expression which has not necessarily gained credit through long use but which is distinguished by particular depth or good style is known as an "aphorism", while one distinguished by wit or irony is known as an "epigram". Through overuse, an adage may become a "cliché" or "truism"

(dari kamus nih...)



Makin tertantang sama kata adagium, makin penasaran lanjutin nulis!

Haha... ni notes gak penting sih... Iseng aja sebenernya

Jangan terlalu serius bacanya ^^v

2 komentar: