Sabtu, 23 Oktober 2010

Sesama Muslim Itu...

Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan bagaimana hubungan muslim yg satu dengan yang lainnya, sebagaimana hadits berikut ini :

1. Abdullah bin Umar RA mengatakan, Rasulullah SAW bersabda: "Orang muslim adalah saudara bagi saudaranya yang lain, tidak berbuat zalim kepadanya dan tidak menghinakannya.  Barang siapa peduli pada kebutuhan saudaranya, maka Alloh akan memenuhi kebutuhannya. Barang siapa menghilangkan kesusahan seorang muslim, maka Alloh akan menghilangkan kesusahannya pada hari kiamat kelak. Dan barang siapa menutup aib seorang muslim, maka Alloh akan menutup aibnya pada hari kiamat kelak. ( Hadits Riwayat Mutafakkun 'Alaih)

2. Nu'man bin Basyir memberitahukan, Rasulullah SAW bersabda: " Perumpamaan orang muslim dalam cinta-mencintai, kasih mengasihi dan sayang-menyayangi adalah laksana satu tubuh. Jika salah satu anggotanya sakit, maka seluruh tubuhnya akan merasakan demam."
( Hadits Riwayat Mutafakkun 'Alaih)

3. Abu Musa Al-Asy'ari membaritahukan, Rasulullah SAW bersabda: "Orang mu'min dengan orang mu'min laksana bangunan yang masing-masing bagian saling memperkuat."( Hadits Riwayat Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi)

4. "Dari Anas bin RA dari Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Tidaklah (sempurna) iman seseorang diantara kalian hingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri". (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim). Padahal sesama muslim adalah saudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar